Mobil Tanpa Sopir Tesla akan Gunakan Teknologi NVIDIA?


Perusahaan otomotif Tesla Motors dikabarkan akan menggandeng NVIDIA untuk mengembangkan Tesla Vision, sebuah teknologi komputasi digital yang digunakan untuk mengakomodasi sistem auto-pilot pada mobil Tesla. Menurut Electrek, NVIDIA akan menggantikan posisi Mobileye yang saat ini masih bekerjasama dengan Tesla.

Jika kabar ini benar, NVIDIA dipastikan akan meraup keuntungan besar mengingat Tesla sangat dikenal sebagai produsen mobil otonom nomor satu saat ini. NVIDIA juga dikatakan akan menyediakan teknologi kepada Tesla. Teknologi tersebut berupa sistem komputasi NVIDIA Drive PX 2 yang telah dikembangkan oleh NVIDIA. 
Menurut Seeking Alpha, NVIDIA diperkirakan akan mendapatkan pendapatan tambahan setidaknya sebesar USD125 juta dalam setahun jika mereka berhasil menjalin kerja sama dengan Tesla. Asumsi tersebut didasari oleh jumlah rata-rata penjualan mobil Tesla yang bisa mencapai 50.000 unit dalam satu kuartal. Tentu saja, pendapatan tersebut akan menambah pendapatan divisi otomotiv NVIDIA yang di kuartal sebelumnya berhasil meraih USD119 juta.

NVIDIA sendiri memang sedang sangat gencar memasarkan teknologi Drive PX 2. Beberapa waktu yang lalu, NVIDIA telah menjalin kerjasama dengan Baidu dengan menghadirkan Drive PX 2 di mobil otonom buatan perusahaan Tiongkok tersebut. 

Digunakannya Drive PX2 di mobil otonom Baidu menandakan NVIDIA mulai memasarkan produknya di pasar. Langkah tersebut dinilai cukup tepat mengingat banyak produsen mobil yang mulai melirik teknologi mobil otonom saat ini.

NVIDIA Drive PX 2 merupakan sistem komputer baru yang dikembangkan NVIDIA khusus untuk mobil otonom. Ia ditenagai prosesor 12-core yang mampu menghasilkan performa hingga 8 teraflops, serta dilengkapi dengan sistem pendingin cair (liquid cooling).

Dengan kekuatan tersebut, Drive PX2 mampu memproses data dari 12 kamera ditambah dengan data dari radar dan sensor ultrasonik secara bersamaan.
Previous
Next Post »