Emtek Ingin BBM Jadi Aplikasi Super


Emtek ingin menjadi BlackBerry Messenger alias BBM sebagai sebuah super app yang tidak hanya berfungsi sebagai aplikasi pengirim pesan.

BBM juga memiliki berbagai fungsi lain, mulai dari membeli pulsa, membayar listrik atau BPJS hingga mendapatkan voucher diskon. Setidaknya, begitulah yang dikatakan oleh Senior Vice President Emtek Digital, Laode Hartanto, kemarin, Selasa (26/10/2016).
Fitur-fitur baru yang terintegrasi di BBM itu, kata Tanto, telah tersedia sejak Emtek membeli lisensi BBM pada akhir bulan Juni lalu. "BBM akan jadi super app di Indonesia," kata Tanto, yang mengaku bangga karena BBM berhasil masuk ke dalam aplikasi paling populer di Google Play Store dan menduduki peringkat nomor 2. 

Salah satu fitur lain yang Tanto tekankan adalah private chat. Dia menjelaskan, fitur ini memungkinkan seseorang untuk mengobrol secara anonim.

Selain itu, saat fitur private chat aktif, pengguna tidak bisa mengambil screenshot. Setelah sesi private chat diakhiri, semua pesan yang ada akan otomatis dihapus. Dengan begitu, privasi pengguna bisa terjaga. 

Fitur-fitur baru yang Emtek tanamkan pada BBM inilah yang akan Emtek andalkan untuk membedakan BBM dengan aplikasi messaging lainnya. Tanto juga meyakinkan, meski ada banyak fitur yang ditanamkan di BBM, aplikasi tersebut akan tetap berjalan dengan lancar.

Saat ditemui di kantor Bukalapak, Plaza City View, Tanto juga menjelaskan alasannya mengapa Emtek akhirnya memutuskan untuk mengakuisisi BBM dan tidak membuat aplikasi messaging sendiri.

Alasannya adalah karena BBM sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Tanto mengatakan, BBM memiliki pengguna aktif bulanan sebanyak 62 juta orang. 

Menurut riset yang dilakukan oleh Similar Web, juga terlihat bahwa meskipun WhatsApp merupakan aplikasi messaging favorit di 109 negara, masyarakat Indonesia masih setia dengan BBM.
Previous
Next Post »