Cara Memindahkan Aplikasi ke Micro SD Card


Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh smartphone Android adalah karena Anda dapat memperluas kapasitas memorinya menggunakan Micro SD card. Anda dapat menyimpan foto, video atau audio pada Micro SD card. Selain itu, Anda juga dapat memindahkan aplikasi dan game ke Micro SD card. Dengan begitu, Anda tidak lagi perlu khawatir memori ponsel menjadi terlalu penuh.

Jika Anda memiliki smartphone Android yang sudah menggunakan Android 5.0 Lollipop atau Android 6.0 Marshmallow, maka proses memindahkan aplikasi ke sebuah Micro SD card adalah hal yang sangat mudah.
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan Micro SD card yang ingin Anda gunakan sudah dimasukkan ke smartphone Anda. Jika Anda hendak membeli sebuah Micro SD card baru, sebaiknya Anda memeriksa kapasitas maksimal Micro SD card yang dapat digunakan oleh smartphone Anda.

Tentunya, Anda tidak mau membeli Micro SD card dengan kapasitas 256 GB saat smartphone Anda hanya dapat menggunakan Micro SD card dengan kapasitas 64 GB.



Pertama-tama, buka menu Settings dan pilih menu Apps. Lalu, pilih aplikasi atau game yang ingin Anda pindahkan ke Micro SD card. Anda akan melihat banyaknya memori yang digunakan oleh aplikasi tersebut. Di sini, Anda juga akan melihat tombol 'Clear data' dan 'Move to SD card'. Untuk memindahkan aplikasi, Anda cukup menekan tombol 'Move to SD Card'.

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar di atas, jika tidak ada Micro SD card pada smartphoneAnda, maka tombol 'Move to SD card' akan berwarna abu-abu muda. Sebaliknya, jika ada SD card padasmartphone, maka tombol tersebut akan berwarna abu-abu tua.



Jika Anda ingin memindahkan sebuah aplikasi atau game dari SD card ke memori internal ponsel, maka Anda dapat mengulangi langkah di atas. Hanya saja, tombol yang harus Anda pilih adalah tombol bertuliskan 'Move to Phone'.
Previous
Next Post »