Tips Memilih Headphone dari Sennheiser


Menurut Sennheiser, ada beberapa langkah agar Anda bisa menentukan headphone mana yang tepat sebelum membeli. Berikut adalah langkah-langkah tersebut:


1. Tentukan jenis musik yang sering Anda dengar
Banyak jenis musik yang ada di luar sana, dan Anda harus menentukan jenis musik mana yang paling sering Anda dengar. Jenis musik tersebut akan mempengaruhi tipe headphone karena setiap musik memiliki karakter masing-masing. Misalnya musik rock cenderung memiliki karakter yang berat dibass, sedangkan jazz lebih cenderung ke detail suara dan tingkat kejernihan suara.

2. Tentukan kapan Anda sering menggunakan headphone
Waktu penggunaan headphone juga berpengaruh pada tipe headphone yang digunakan. Bagi mereka yang lebih sering menggunakan headphone di dalam rumah, bisa memilih headphone yang berukuran besar dengan kabel besar untuk kualitas suara yang maksimal. Sedangkan mereka yang sering bepergian akan lebih baik jika memilih headphone yang ringkas dan kompatibel dengan perangkatmobile.

3. Tentukan desain headphone yang Anda suka
Desain dari headphone memiliki karakter tersendiri. Saat ini headphone dibagi ke dalam tiga kategori, yaitu in-earon-ear, dan over-earIn-ear headphone lebih cocok bagi mereka yang tidak menggunakan aksesoris telinga seperti anting ataupun kerudung. On-ear lebih cocok untuk mereka yang ingin menggunakan headphone seperti over-ear dan sering bepergian. Sementara over-ear lebih cocok untuk penggunaan di dalam ruangan atau di rumah.

4. Pilih antara Closed atau Open Headphone
Banyak orang yang mengira bahwa desain earcup pada headphone sama saja, padahal kenyataannya berbeda. Open Headphone memiliki desain earcup yang terbuka, sehingga udara dan tekanan dapat masuk ke bagian dalam headphone. Hal tersebut memungkinkan suara lebih natural, cocok untuk mendengarkan konser dan musik natural, tingkat isolasi suaranya rendah. Sedangkan Closed Headphone adalah kebalikannya. Ia tidak memiliki rongga udara sehingga suara terisolasi di dalamearcup. Minusnya adalah suara menjadi kurang natural, tetapi cocok untuk musik EDM dan musik dengan bass yang kuat.

5. Pilih antara headphone kabel atau nirkabel (wireless)
Pemilihan antara headphone kabel dan wireless juga tergantung kepada tipe penggunaan Anda.Headphone kabel dapat dipilih jika Anda mencari headphone yang harganya terjangkau serta tidak memiliki masalah dengan keberadaan kabel jika dibawa bepergian. Sedangkan headphone wirelessdapat dipilih bagi Anda yang tidak mau repot ketika bepergian atau beraktivitas. Teknologi wirelessyang digunakan pun harus diperhatikan, apakah menggunakan WiFi, Bluetooth atau gelombang radio.

6. Tentukan jenis pemutar musik yang Anda gunakan
Pemutar musik juga sangat berpengaruh pada tipe headphone yang akan dipilih. Misal, jika Anda menggunakan iPhone, ada baiknya jika Anda membeli headphone yang telah kompatibel dengan perangkat Anda. Mengapa? Setiap perangkat memiliki protokol fitur yang berbeda, headphone yang didesain untuk iPhone bisa jadi tidak akan berfungsi secara sempurna di perangkat Android. 

Setelah Anda menentukan pilihan dari enam kategori di atas, Anda bisa memilih headphone yang tepat sesuai dengan karakteristik yang Anda inginkan.
Previous
Next Post »